Mengenal Komputer

Istilah komputer sudah tidak asing lagi di telinga manusia. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi komputer. Misalnya saja, untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung menggunakan komputer daripada menggunakan mesin ketik manual. Seorang akuntan dalam melakukan perhitungan keuangannya sudah meninggalkan alat hitung kalkulator dan beralih ke komputer. Kasir di pertokoan besar pun sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Bahkan komputer membantu dokter untuk melakukan diagnosa dan proses penyembuhannya. Lantas, apa itu komputer?

Pengertian Komputer
Istilah komputer (Computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Hal senada dikemukakan Hamacher bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Sedangkan menurut Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dari Tiga definisi yang dikemukakan Blissmer, Hamacher, dan Sanders di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Di sini jelas bahwa komputer merupakan hasil dari teknologi modern yang mempunyai banyak fungsi dan keunggulan. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh sebuah komputer adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai kemampuan mengolah data secara cepat dalam jumlah besar.
  2. Dapat dipercaya hasil data yang diolahnya dan tidak mengenal lelah.
  3. Mempunyai kecepatan yang tinggi dalam mengolah data.
  4. Mempunyai ingatan memori yang tajam.
  5. Mempunyai ketelitian yang tinggi dalam memproses data.
  6. Dapat menyimpan data dalam jangka waktu tertentu.

Namun, disamping keunggulan di atas, komputer juga mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut:

  1. Tidak mempunyai perasaan seperti manusia karena komputer merupakan sebuah mesin.
  2. Hanya bekerja dengan bahasa mesin dan kode-kode tertentu.
  3. Hanya mengikuti perintah dari orang yang menjalankannya.
  4. Tergantung pada aliran listrik yang masuk.

Tinggalkan komentar